Cara Mencegah Virus Ransomware Wanna Cry

14:00:00
Mencegah Wanna Cry





Pada postingan kali ini saya akan memberi tutorial mengenai bagaimana cara menghindari komputer kita terinfeksi dari virus ransomware WannaCry. Sebelumnya saya akan sedikit menjelaskan apa itu virus ransomware WannaCry.
Menurut website yang saya baca (daboribo.com)

Virus Ransomware Wanna Cry adalah sebuah virus mematikan paling hebat tanpa harus diunduh maka dengan klik link atau apapun itu yang masuk virus, maka akan langsung menyebar pada komputer dan salah satu reaksi yang akan anda rasakan jika sudah terinfeksi virus ransomware ini adalah mengunci semua data penting pada Komputer berbasis Windows dan nantinya jika anda mau membuka ada peringatan mengirimkan sejumlah uang pada anonim jika transfer berhasil virus pun hilang dengan sendirinya.

Untuk mencegah masuknya virus ini ke komputer anda, ada banyak cara untuk mencegahnya. Tetapi disini saya akan memberikan Salah satu cara penanganannya, yaitu  adalah dengan cara memblock Port 139/445 & 3389 Ports. Untuk caranya anda bisa lihat tutorial di bawah ini. 

1. Buka "Control Panel" kemudian masuk ke "Windows Firewall".



2. Jika sudah masuk ke Windows Firewall kemudian klik pada bagian "Advanced setting".



3. Maka akan terbuka "Windows Firewall with Advanced Security". Maka akan terlihat menu "Inbound Rules" dan "outbound Rules".



4. Yang pertama saya akan memblock port yang berada pada "Inbound Rules". Klik "New Rule".



5. Pada menu Rule Type pilih "Port" karena kita akan memblock Port.



6. Masukkan port yang ingin anda block. yang pertama ini saya akan memblock port "139", Jika sudah silahkan anda klik "Next".



7. Pilih "Block the connection" lalu klik "Next".



8. Pada bagian "Profile" ceklis saya semuanya.



9. Untuk Name, silahkan anda isi bebas karena ini hanya berfungsi sebagai deskripsi saja. Jika sudah silahkan anda klik "Finish".



10. Jika sudah, maka akan terlihat status seperti gambar di bawah. Telihat pada bagian "Action" terdapat status "Block" yang berarti port tersebut telah di block.



11. Lalukan juga block port pada bagian "Outbound Rules". Untuk langkah-langkahnya tidak berbeda jauh dengan Inbound Rules.



12. Jika anda sudah menutup port 139, maka harus ada 2 port lagi yang harus diblock, yaitu port "445" dan "3389". Jika sudah, maka akan terdapat 3 port yang terblock seperti gambar di bawah.



13. Pada bagian "Outbound Rules" Juga akan terlihat seperti gambar di bawah. terdapat 3 port yang terblock, yaitu "139, 445, & 3389."




Yaaa. Untuk untuk postingan kali ini cukup disini. Semoga dengan cara sederhana seperti menutup port ini, anda bisa terhindar dari infeksi  virus ransomware WannaCry.



!!...TERIMA KASIH...!!
!!..SEMOGA BERMANFAAT..!!

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »