Lab 8.5 Konfigurasi Virtualhost Pada Web Server

14:08:00

virtualhost centos7




Pada postingan kali ini saya akan memberi tutorial mengenai bagaimana cara konfigurasi "Virtual Host" pada web server. Untuk melakukan konfigurasi ini anda harus sudah melakukan konfigurasi apache, Jika belum anda bisa KLIKDISINI

Virtual Host adalah cara untuk mengatur banyak website atau URL di dalam satu server atau satu IP. Contohnya kita mempunyai banyak domain tapi hanya mempunyai 1 server.

Jadi saya akan membuat 2 web server dalam 1 server. Untuk melakukan konfigurasinya, anda terlebih dahulu harus memiliki 2 domain, Jika anda belum memiliki 2 domain, anda bisa melihatnya KLIKDISINI.

Oke. Langsung saja kita mulai konfigurasinya.
Selamat Menyimak..!!

=> TABEL IP ADDRESS



=> TOPOLOGI




=> KONFIGURASI
1. Buat file vhost.conf dengan menggunakan perintah "nano /etc/httpd/conf.d/vhostmalik.conf". Untuk nama dari file tersebut bebas yang penting berekstensi ".conf".



2. Setelah masuk ke dalam file vhost.conf lalu isikan script seperti gambar di bawah.
Ket:
DocumentRoot : Direktori file domain.
ServerName : Domain anda.
ServerAdmin : email admin.
ErrorLog : file yang berisi error log web anda.
CustomLog : File yang berisi custom log dari domain.



3. Jika kita sudah mengisikan script, sekarang silahkan anda restart httpd dengan menggunakan perintah "systemctl restart httpd".



4. Buat direktori untuk domain rizki.com. Jika domain malik.net berada di /var/www/httpd, maka sekarang kita buat untuk domain rizki.com. Disini saya menaruhnya di "/var/www/rizkicom". Gunakan perintah "mkdir /var/www/rizkicom" untuk membuat direktori.



5. Setelah membuat direktorinya, sekarang kita isikan direktori tersebut yang nantinya akan berisi untuk tampilan domain rizki.com. Gunakan perintah "nano /var/www/rizkicom/index.html".



6. Isikan file index.html tersebut seperti gambar di bawah. Jika anda memiliki script lain, silahkan anda kreasikan sesuai dengan kinginan anda. Script ini nantinya akan menjadi tampilan Web dari domain "rizki.com"



7. Coba cek menggunakan browser anda, ketikan domain anda "www.domain.com" pada kolom Url.



8. Sekarang kita buat/buka file index.html untuk malik.net. Gunakan perintah "nano /var/www/html/index.html".



9. Isikan file index.html seperti gambar di bawah atau sesuai dengan keinginan anda.



10. Langkah terakhir slahkan anda cek kembali apakah web anda sudah berhasil terbuat atau belum.




Okeee. mungkin untuk postingan kali ini cukup sampai disini, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan anda menuliskan pertanyaannya di kolom komentar.



!!...TERIMA KASIH...!!
!!..SEMOGA BERMANFAAT..!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »